Daun Sirsak Tetbukti Secara Ilmiah Pengobatan Kanker Usus Besar dan Manfaay Kesehatan Lainnya

Daun Sirsak Tetbukti Secara Ilmiah Pengobatan Kanker Usus Besar

Daun sirsak sebagai pengobatan herbal untuk pasien kanker saat ini telah dilakukan pembuktian secara ilmiah. Khasiat ini pun akhirnya dibuktikan oleh doktor ilmu gizi Lili Indrawati dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dalam penelitiannya, daun sirsak terbukti dapat menghambat perkembangan sel kanker pada pasien kanker kolorektal atau usus besar.

Penelitian ini dilakukan terhadap 30 pasien kanker usus besar yang dibagi menjadi dua kelompok. Sebanyak 15 pasien rutin diberi ekstrak daun sirsak sebanyak 7 gelas per hari dan sisanya hanya diberi placebo. Masing-masing pasien diberi dosis yang sama. yang diberi ekstrak daun sirsak dapat menghambat sel kanker mencapai 17 persen,” uar Lili seusai sidang disertasinya di FKUI, Salemba, Jakarta, Kamis (26/6/2015).

Namun, menghambat pertumbuhan sel kanker hanya terjadi pada pasien kanker usus besar stadium dini. Menurut Lili, untuk stadium lanjut tidak memungkinkan karena butuh dosis yang sangat banyak atau sekitar 210 gelas ekstrak sirsak per hari. Penelitian juga menunjukkan tidak adanya efek samping yang buruk bagi organ lain dalam tubuh dari kosumsi ekstrak daun sirsak selama dua bulan. “Selama dua bulan tidak ada efek sampingnya. Kalau dikosumsi terus menerus lebih dari dua bulan, kita belum tahu apakah tetap sama,” jelasnya. Meski telah terbukti bermanfaat untuk menghambat sel kanker usus besar, penggunaan daun sirsak ini, sifatnya hanya sebagai pengobatan tambahan atau pendampingan. Pengobatan medis tetap menjadi yang utama untuk pasien kanker. Penelitiannya ini baru sebatas pada pasien kanker usus besar. Apakah daun sirsak juga bermanfaat untuk kanker jenis lainnya, tentu perlu penelitian lebih lanjut.

9 Manfaat adaun Sirzak Lainnys

• Meredakan demam. Demam adalah salah satu indikator atau tanda bahwa terjadi masalah dalam tubuh. Saat terjadi gangguan seperti peradangan, tubuh akan mengeluarkan sinyal dan merangsang otak untuk meningkatkan suhu badan seseorang.. Kenaikan suhu tersebut dimaksudkan untuk membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan peradangan. Meskipun demikian, demam dapat membuat seseorang merasa sangat tidak nyaman dan terganggu sehingga jika seseorang mengalami demam, ia harus segera ditangani.. Daun sirsak mengandung senyawa aktif yang mampu menurunkan suhu tubuh serta mengatasi infeksi yang terjadi dalam tubuh. Saat terserang demam, rebuslah beberapa helai daun sirsak dengan segelas air selama 10 menit kemudian minumlah air rebusannya dalam keadaan hangat.
  • Mengurangi gejala arthritis. Daun sirsak mengandung senyawa anti inflammatori atau peradangan yang dapat mengurangi gejala arthritis. Arthritis adalah suatu gangguan pada persendian yang disebabkan oleh peradangan dan merupakan salah satu gejala penyakit autoimun atau rusaknya sistem imun yang terjadi dalam tubuh dimana sel darah putih justru menyerang sel normal dalam tubuh. Meminum air rebusan daun sirsak setiap hari dapat mengurangi gejala arthritis dan rasa nyeri pada persendian.
  • Mencegah kerusakan kulit Daun sirsak kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan dan mengatasi masalah pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati masalah pada kulit diantaranya eksim dan jerawat. Senyawa anti inflamasi dan anti bakteri pada daun sirsak mampu menghilangkan peradangan pada kulit akibat jerawat serta mencegah jerawat meninggalkan noda pada wajah. Dapat menghilangkan eksim dan jerawat dengan cara menumbuk beberapa helai daun sirsak dan mengoleskannya pada area kulit yang bermasalah. Lakukan perawatan tersebut secara rutin selama beberapa hari dan lihat hasilnya.
  • Mencegah dan mengobati diabetes. Diabetes adalah penyakit metabolisme dimana tubuh kehilangan kontrol terhadap kadar gula dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh akibat diabetes dapat merusak sel dan jaringan sehingga penyakit diabetes termasuk salah satu penyebab angka kematian tertinggi di dunia. Penyakit diabetes atau kencing manis dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pola hidup yang tidak sehat dan genetis yang menyebabkan insulin resistance atau kerusakan fungsi hormon insulin. Insulin adalah hormon yang bekerja mengatur kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal. Pada penderita diabetes, insulin tidak dapat bekerja secara optimal karena kehilangan kepekaannya terhadap kadar gula dalam darah. Daun sirsak mengandung senyawa metanolik, streptozotocin yang dapat memicu sel-sel beta langerhans dalam pankreas untuk menghasilkan insulin dan meningkatkan sensitifias insulin terhadap kadar gula darah dalam tubuh. Mengkonsumsi air rebusan daun sirsak setiap hari dapat membantu penderita diabetes dalam menetralkan kadar gula dalam darah.
  • Mengatasi peradangan. Peradangan dalam tubuh dapat terjadi karena infeksi maupun gangguan pada sistem organ. Senyawa aktif dalam daun sirsak mampu bekerja sebagai zat anti-inflammatori sekaligus sebagai analgesik atau pereda rasa sakit. Oleh sebab itu, air rebusan maupun ekstrak daun sirsak dapat digunakan untuk menyembuhkan radang, baik yang bersifat ringan maupun kronis seperti radang pada saluran cerna seperti usus dan lambung.
  • Mengobati malaria. Malaria adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasmodium yang ditularkan melalui nyamuk Anopheles.. Angka kematian yang disebabkan oleh malaria cukup tinggi di Indonesia dan bila tidak segera ditangani, malaria dapat sangat berbahaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak pentana yang terkandung dalam daun sirsak mampu membunuh Plasmodium penyebab penyakit malaria secara efektif. Inilah mengapa daun sirsak telah digunakan sejak dulu untuk mengobati malaria terutama di negara-negara beriklim tropis.
  • Menurunkan tekanan darah. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor resiko penyakit jantung. Tekanan darah yang tinggi dalam tubuh biasanya disebabkan karena pembuluh darah atau arteri yang menebal dan menyumbat aliran darah. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Kedari et al dalam American Journal of Research Communication pada tahun 2014 menyebutkan bahwa daun sirsak mengandung senyawa antihypertensive yang dapat menurunkan tekanan darah tanpa mempengaruhi kerja organ jantung. Meminum rebusan daun sirsak setiap hari mampu membantu penderita hipertensi dalam mengontrol tekanan darahnya.
  • Mengobati jaundice. Ekstrak ethanol yang terkandung dalam daun sirsak atau A.muricata memiliki efek postif pada organ hati. Senyawa ini mampu melindungi liver atau hati dari racun dan efek radikal bebas. Di negara Ghana, daun sirsak sudah lama digunakan sebagai ramuan untuk membersihkan serta mengobati berbagai masalah kesehatan yang menyerang organ hati atau liver seperti penyakit kuning atau jaundice yang disebabkan oleh virus hepatitis. Penyakit ini menyebabkan kulit dan sclera mata seseorang berwarna kuning akibat tingginya kadar bilirubin dalam darah. Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak daun sirsak mampu menurunkan kadar bilirubin dalam darah penderita jaundice.
  • Memperkuat sistem imun. Salah satu manfaat daun sirsak adalah memperkuat sistem imun pada tubuh kita. Senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak mampu meningkatkan kemampuan sel imun atau sel kekebalan tubuh dalam menangkal mikroorganisme dan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Selain itu, kandungan zinc dalam daun sirsak juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Saat merasakan gejala flu atau demam, anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun sirsak untuk memperkuat daya tahan tubuh