Bukti Ilmiah : Vitamin C, Vitamin D dan Zinc Tidak Bermanfaat Untuk Sembuhkan Covid19

Sandiaz Yudhasmara dan Widodo Judarwanto

Saat ini tidak ada rekomendasi khususnya pemberian vitamin atau mikronutrien tertentu dalam pengobatan Covid-19, khususnya pemberian Vitamin C, D dan Zinc. Karena penelitian menunjukkan pemberian vitamin dan mineral tersebut tidak terbukti bermanfaat dalam pengobatan Cobid-19. Pada bulan Februari, para peneliti di Klinik Cleveland menerbitkan uji klinis acak yang tidak menemukan manfaat dari seng. Percobaan yang sama juga gagal menemukan bantuan dari Vitamin C. Beberapa uji klinis gagal menemukan manfaat bagi pasien Covid-19 dari Vitamin D. Tetapi yang lain masih berlangsung. Namun, N.I.H. pedoman pengobatan menyatakan bahwa tidak ada bukti yang cukup untuk merekomendasikan Vitamin D terhadap penyakit.

Pandemi Covid-19 adalah salah satu tantangan terbesar kedokteran modern yang pernah dihadapi. Dokter dan ilmuwan berebut untuk menemukan perawatan dan obat-obatan yang dapat menyelamatkan nyawa orang yang terinfeksi dan bahkan mungkin mencegah masyarakat tertular infeksi Covid-19

Terdapat daftar terbaru dari 24 pengobatan yang paling banyak dibicarakan yang banyak digunakan pada pengobatan virus corona di seluruh dunia. Para pakar di bidangnya dari  beberapa institusi kesehatan dunia dan internasional yang kredibel terus mengumpulkan bukti bahwa obat tersebut apakah efektif, aman dan tidak berbahaya bagi manusia. Selama ini  sebagian besar obat obat tersebut masih pada tahap awal penelitian. Berbegai institusi kesehatan eunia juga menyertakan peringatan tentang pemberian obat yang selama ini diberikan selain tidak bermanfaat atau terdapat efek samping yang berbahaya bagi tubuh manusia. Daftar 24 pengobatan itu di antaranya adalah Remdecivir, Faviparin, Hidroklorokuin, REGEN COv, Kloroquin, Remdecivir, imunomudalotor, azitromicin , Rekombinan ACE-2, Oleandrin , lopinavir, Ritonavir, plasma konvalescen, deksametason, interveron, Sitokin inhibitor, stem sel, anti koagulan, pemberian sulpemen atau mikronutrien dan lain lain

Dari sekian banyak terapi dan penelitian obat untuk Covid-19 khususnya 24 terapi obat yang banyak digunakan masyarakat di dunia itu sedang diteliti. Sampai saat ini belum ada obat untuk Covid-19 yang bermanfaat dan efektif secara ilmiah yang disetujui WHO. Hanya satu pengobatan, obat yang disebut remdesivir, yang telah disetujui oleh F.D.A. untuk penyakit ini, dan penelitian menunjukkan itu mungkin hanya memberikan manfaat sederhana bagi pasien. F.D.A. telah memberikan otorisasi penggunaan darurat untuk perawatan lain, beberapa di antaranya belum didukung oleh hasil uji klinis acak skala besar. Para ilmuwan juga mempelajari berbagai perawatan potensial lainnya, tetapi sebagian besar masih dalam tahap awal penelitian. Meskipun penelitian meta analisis yang dilakukan oleh mitra WHO, disebutkan bahwa Remdicivir tidak bermanfaat bagi pengobatan Covid-19 dalam tingkat keparahan apapun..

See also  Belum Ada Obat Bermanfaat Untuk Pengobatan Covid19, Termasuk 24 Obat Yang Banyak Digunakan Dunia

Para pakar dan  peneliti di institusi kesehatan internasional yang kredibel seperti CDC, WHO dan FDA akan terus memperbarui dan memperluas daftar saat bukti baru muncul.

BACA:   Diet Alkali: Tinjauan Ilmiah Berbasis Bukti, Tidak Terbukti Bermanfaat Untuk Kesehatan

Daftar ini memberikan gambaran tentang penelitian terbaru dan rekomendasi terkini tentang penanganan dan pengobatan virus corona, tetapi bukan merupakan dukungan medis. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda tentang perawatan untuk Covid-19.

Suplemen vitamin dan mineral

• Tubuh kita membutuhkan vitamin dan mineral untuk bekerja dengan baik. Beberapa peneliti sedang menyelidiki apakah suplemen dapat membantu melawan Covid-19, tetapi belum ada bukti kuat bahwa suplemen tersebut mencegah infeksi atau mempercepat pemulihannya.
  • Salah satu vitamin yang menarik banyak perhatian adalah Vitamin D. Ketika mantan Presiden Trump dirawat di rumah sakit karena Covid-19, Vitamin D adalah bagian dari perawatan yang dia terima dari dokternya. Vitamin D penting untuk kesehatan kita, mempromosikan kesehatan tulang yang baik dan membantu fungsi sel-sel kekebalan tubuh.
  • Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara kadar vitamin D yang rendah dan tingkat Covid-19 yang lebih tinggi. Tetapi penelitian semacam itu tidak dapat membuktikan bahwa kekurangan ini adalah penyebab tingkat penyakit tersebut. Mungkin populasi yang menderita kekurangan vitamin D tingkat tinggi semakin terpukul oleh virus corona karena alasan lain, termasuk akses yang lebih buruk ke perawatan kesehatan atau kondisi mendasar seperti obesitas.
  • Beberapa uji klinis gagal menemukan manfaat bagi pasien Covid-19 dari Vitamin D. Tetapi yang lain masih berlangsung. Namun, N.I.H. pedoman pengobatan menyatakan bahwa tidak ada bukti yang cukup untuk merekomendasikan Vitamin D terhadap penyakit.
  • Selain Vitamin D, Trump juga mendapat zinc. Mineral ini membantu protein di seluruh fungsi tubuh, dan orang-orang dengan kekurangan seng berisiko lebih tinggi terkena penyakit menular. Sebuah studi tahun 2010 tentang virus corona yang menyebabkan SARS menemukan bahwa seng dapat mengerem replikasi virus dalam sel. Pada bulan Februari, para peneliti di Klinik Cleveland menerbitkan uji klinis acak yang tidak menemukan manfaat dari seng. Percobaan yang sama juga gagal menemukan bantuan dari Vitamin C.
See also  Reinfeksi atau Infeksi ulang Covid19

Status bukti ilmiah penggunaan vitamin C, D, Zinc dan mikronutrien Lain

• BELUM DISETUJUI DAN TIDAK DIREKOMENDASIKAN WHO
  • BELUM DISETUJUI DAN TIDAK DIREKOMENDASIKAN FDA
  • BUKTI TENTATIF ATAU CAMPURAN
  • BUKTI DALAM MANUSIA

Label  kriteria Penggunaan Obat Covid19 di dunia

Penggunaan Label kriteria efektifitas, keamanan dan  rasionalitas penggunaan obat menurut bukti ilmiah

• DISETUJUI WHO Dalam merekomendasikan vaksin atau obat untuk penanganan Covid19 biasanyan WHO mengeluarkan rekomendasi atau Persetujuan Penggunaan Obat dalam Kondisi Darurat (Emergency Use Authorization) berdasarkan penelitian ilmiah manfaat, efektifitas dan kelayakan obat atau vaksin untuk digunakan manusia
  • DISETUJUI FDA  The United States Food and Drug Administration ( FDA atau USFDA ) adalah agen federal dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan . FDA bertanggung jawab untuk melindungi dan mempromosikan kesehatan masyarakat melalui kontrol dan pengawasan keamanan pangan , produk tembakau , suplemen makanan , resep dan obat – obatan farmasi yang dijual bebas (obat), vaksin , biofarmasi , transfusi darah , peralatan medis ,perangkat pemancar radiasi elektromagnetik (ERED), kosmetik, makanan & pakan hewan dan produk hewan .
  • BANYAK DIGUNAKAN: Pengobatan ini telah digunakan secara luas oleh dokter dan perawat untuk merawat pasien yang dirawat di rumah sakit karena penyakit yang mempengaruhi sistem pernapasan, termasuk Covid-19.
  • BUKTI MENJANJIKAN: Bukti awal dari studi pada pasien menunjukkan efektivitas, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan. Kategori ini mencakup pengobatan yang telah menunjukkan perbaikan dalam morbiditas, mortalitas dan pemulihan dalam setidaknya satu uji coba terkontrol secara acak, di mana beberapa orang mendapatkan pengobatan dan yang lain mendapatkan plasebo.
  • BUKTI TENTATIF ATAU CAMPURAN: Beberapa perawatan menunjukkan hasil yang menjanjikan pada sel atau hewan, yang perlu dikonfirmasi pada manusia. Yang lain telah menghasilkan hasil yang menggembirakan dalam studi retrospektif pada manusia, yang melihat data yang ada daripada memulai percobaan baru. Beberapa perawatan telah menghasilkan hasil yang berbeda dalam eksperimen yang berbeda, meningkatkan kebutuhan akan studi yang lebih besar dan dirancang lebih ketat untuk menjernihkan kebingungan.
  • TIDAK MENJANJIKAN: Bukti awal menunjukkan bahwa pengobatan ini tidak berhasil.
  • PSEUDOSCIENCE ATAU PENIPUAN: Ini bukan penaganan dan pengobatan yang pernah dipertimbangkan oleh para peneliti dan pakar kedokteran untuk digunakan untuk Covid-19. Para ahli telah memperingatkan agar tidak mencobanya, karena obat tersebut tidak membantu melawan penyakit dan malah bisa berbahaya. Beberapa orang bahkan telah ditangkap karena janji palsu mereka tentang penyembuhan Covid-19.
  • BUKTI DALAM SEL, HEWAN atau MANUSIA: Label ini menunjukkan dari mana asal bukti pengobatan. Para peneliti sering memulai dengan eksperimen pada sel dan kemudian beralih ke hewan. Banyak dari eksperimen hewan itu sering gagal; jika tidak, peneliti dapat mempertimbangkan untuk beralih ke penelitian pada manusia, seperti studi retrospektif atau uji klinis acak. Dalam beberapa kasus, para ilmuwan sedang menguji pengobatan yang dikembangkan untuk penyakit lain, yang memungkinkan mereka untuk pindah langsung ke uji coba manusia untuk Covid-19.
BACA:   Mitos, Ternyata Vitamin C, Vitamin D dan Zinc Untuk Sembuhkan Covid19 Tak Terbukti Secara Ilmiah